Prolog
APA sebenarnya tujuan dari proses pendidikan? Apakah
peserta didik benar-benar membutuhkan apa yang telah diajarkan? Pelajaran
seperti apa yang peserta didik butuhkan untuk menjalani hidupannya? Apa pula
yang sistem pendidikan harapkan selepas peserta didik keluar dari proses
pendidikan?
Tenaga pendidik merupakan modal utama dalam proses
belajar. Tenaga pendidik di negeri kita ini disebut dengan guru. Guru untuk
sebagian siswa menjadi sesuatu yang menyenangkan, namun tidak jarang pula ada
yang menjadikannya sebagai sesuatu momok yang mengerikan. Pemegang otoritas
dalam proses belajar. Aktor yang siswa anggap paling memiliki kuasa atas proses
berpengetahuan di sekolah. Aktor yang berhak untuk menentukan salah dan benar.
Menentukan rel pengetahuan seperti apa yang harus siswa lalui, karena dialah
sumber utama pengetahuan.
Bagaimana seandainya semua otoritas itu hilang dan
menggantikannya dengan otoritas bersama. Semua individu yang terlibat dalam
proses belajar berhak menentukan apa yang akan mereka pelajari. Guru
menyerahkan sepenuhnya kepada peserta didik untuk memilih apa yang mereka sukai
dan menjadi rekan belajar bagi siswa-siswanya. Jika perlu, guru juga
memposisikan dirinya sebagai individu yang sedang belajar bersama siswa.
***
Pendidikan
Formal, Informal atau Alternatif ?
MENGUTIP AHMAD MAHMUDI[1], membahas
pendidikan seyogyanya mampu meliputi tiga arasnya yakni fisik, sosial dan ide.
Ketiga aras ini kemudian